SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA, SALAM PERSAHABATAN UNTUK ANDA SEMUA...JANGAN LUPA ISI KOLOM CHAT BOX UNTUK MENINGGALKAN PESAN ATAU GUNAKAN FASILITAS POLING TENTANG ISI BLOG INI...TERIMA KASIH...

Jan 6, 2009

Cara Memasarkan Barang Lewat Internet


Memasarkan barang atau jasa lewat internet, itulah actually inti dari internet marketing. Scope yang lebih luas tentu saja mengikuti asal kata bahasa inggrisnya yaitu marketing atau dalam bahasa Indonesia adalah pemasaran.

Kalau saya kutip dari id.wikipedia.org tentang Pemasaran disebutkan sebagai berikut:

Pemasaran adalah sebuah proses dalam memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Jadi, segala kegiatan dalam hubungannya dalam pemuasan kebutuhan dan keinginan manusia merupakan bagian dari konsep pemasaran. Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Contohnya, seorang manusia membutuhkan air dalam memenuhi kebutuhan dahaganya. Jika ada segelas air maka kebutuhan dahaganya akan terpenuhi. Namun manusia tidak hanya ingin memenuhi kebutuhannya namun juga ingin memenuhi keinginannya yaitu misalnya segelas air merek Aqua yang bersih dan mudah dibawa. Maka manusia ini memilih Aqua botol yang sesuai dengan kebutuhan dalam dahaga dan sesuai dengan keinginannya yang juga mudah dibawa. Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang (promotion). Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran disebut pemasar. Pemasar ini sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen yang dituju.

Kalau dihubungkan dengan media untuk menyampaikan pesan pemasaran tersebut maka salah satu yang dahsyat adalah internet. Internet Marketing dapat menjangkau manusia lainnya tanpa batas ruang dan waktu. Sehingga timbullah istilah pemasaran menggunakan internet, atau Internet Marketing.

Pemasaran produk lewat internet berarti harus juga telah tersedia produk atau jasanya untuk konsumen, atau bisa juga belum tersedia tetapi menimbulkan kebutuhan dan memancing respons akan kebutuhan kemudian menyediakannya, kemudian menggunakan internet untuk media komunikasinya. Memenuhi keinginan pelanggan yang semakin selektif dalam memilih, delivery yang cepat (sebagian digital produk bahkan bisa dilewatkan langsung pada media internet).

Dalam era sekarang ini bahkan internet itu sendiri, atau internet marketing itu sendiri juga merupakan produk yang bisa dijual. Internet marketing adalah juga sebuah industri, bukan hanya sekedar media pemasaran saja. Seperti sebuah rumah bisa laku dijual, cara membuat rumah pun (ilmu tentang rumah) juga bisa diperjual-belikan atau merupakan produk.

Kita kembali pada Cara Memasarkan Barang Lewat Internet.

Secara sederhana memasarkan produk lewat internet berarti memajang, menceritakan atau mendeskripsikan produk tersebut, atau membangkitkan keingginan orang akan produk. Tentu saja caranya bisa dengan menuliskannya, atau menyertakan audio atau video tentang hal tersebut di Internet, dalam hal ini adalah di website. Agar pelanggan mengerti tentang bagaimana membayar, bagaimana produk akan sampai ke rumah mereka, bagaimana garansi yang mungkin ada, bagaimana layanan purna jual jika tersedia dan sebagainya perlu disebutkan di website.

Tentunya sebelum menceritakan atau memasarkan produk lewat internet tersebut Anda sudah harus punya ide terlebih dahulu. Produk apa yang akan dipasarkan, mungkin juga telah melakukan riset tentang apa yang dibutuhkan pasar, melihat persaingan yang mungkin, menganggarkan uang anda untuk pemasaran tersebut dan sabagainya. Jika Anda telah mempunyai produk sendiri, maka internet marketing juga meliputi kegiatan tersebut. Sedangkan jika Anda hanya memasarkan saja, artinya memasarkan produk orang lain dan Anda mendapat komisi maka bidang pekerjaan Anda akan lebih sempit, fokuslah pada menjual dan membangun relasi pada pembeli atau calon pembeli.

Ok, kita asumsikan Anda sudah punya produk untuk dipasarkan lewat internet, dan anda sudah menuangkan produk Anda di website. Sampai disini, tak satupun orang akan tau apa nama website Anda kecuali Anda memperkenalkannya. Inilah yang disebut kegiatan promosi di luar website. Website Anda harus dibuatkan pintu masuknya dari luar, dari website lain, dari media lain, sehingga orang bisa masuk dan melihat apa yang Anda jual.

Setelah pelanggan menunjukkan minat untuk membeli, misalnya dengan membaca, meninggalkan pesan, mengirim email, atau mengisi form yang Anda sediakan untuk menangkap data mereka maka tugas berikutnya dalam rangkaian memasarkan produk adalah melakukan Follow-up. Karena tidak selalu setiap orang yang sudah tertarik untuk membeli sekalipun akan jadi dan benar-benar membeli. Follow-up yang baik dalam rangka pemasaran produk lewat internet adalah educational follow-up yang membangun keinginan dan memberikan tawaran solusi dari kaca mata pelanggan.

Setelah pelanggan benar-benar memutuskan untuk membeli, mungkin dengan mentransfer dana maka tugas berikutnya tentulah mengemas dan mengirimkan produk anda jika memang diperlukan demikian (produk fisik misalnya). Pemasar yang baik adalah juga pemasar yang melakukan servis purna jual, responsif terhadap keinginan pelanggan dan membangun hubungan yang berkelanjutan. Dengan demikian Anda lebih berpotensi untuk menciptakan penjualan berikutnya, baik produk yang sama di waktu yang lain atau produk-produk baru yang anda kembangkan.

Solusi bagi mereka yang belum punya produk adalah Affilite Marketing. Anda tetap bisa memasarkan produk-produk terbaik di internet ini, walaupun Anda belum mempunyai produk milik Anda sendiri sekalipun, bahkan jalur inilah yang paling banyak dilakukan orang dalam internet marketing.

Itulah secara umum langkah-langkah yang perlu ditempuh dalam kegiatan memasarkan barang menggunakan internet versi saya.

1 comments:

tarasinta said...

Dear Rizky,

Kini Taradiastuti Sinta berbagi hasil melalui Program Affiliasi Taradiastuti Sinta.

Program Affiliasi Taradiastuti Sinta adalah program berbagi hasil dari transaksi pemesanan buku-buku koleksi Taradiastuti Sinta.

Bentuk bagi hasilnya adalah berupa uang cash yang akan langsung ditransfer ke rekening Bank Anda (Bank Anda haruslah: BCA, Mandiri, atau BNI).

Caranya mudah hanya dengan melakukan pendaftaran secara online lalu Anda membantu memasarkan buku-buku koleksi Taradiastuti Sinta dengan cara memasang banner yang sudah Saya sediakan ke website atau blog Anda.

Setiap orang yang berkunjung melalui website atau blog Anda ke website Koleksi Buku Taradiastuti Sinta (Mengklik banner Tara yang dipasang di website atau blog Anda) dan orang tersebut melakukan transaksi pemesanan buku maka Anda akan mendapatkan bagi hasil dari transaksi tersebut. Transaksi yang dihitung untuk berbagi hasil adalah transaksi hingga pelanggan melakukan pembayaran pesanannya.

Hebatnya!! Anda tidak dipungut biaya apapun untuk ikut dalam Program Affiliasi Taradiastuti Sinta ini. Tunggu apalagi? Mari bergabung!!

Untuk bergabung silahkan kunjungi: http://aff.tarasinta.com



Warm Regards,

Taradiastuti Sinta
http://www.tarasinta.com

Post a Comment