SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA, SALAM PERSAHABATAN UNTUK ANDA SEMUA...JANGAN LUPA ISI KOLOM CHAT BOX UNTUK MENINGGALKAN PESAN ATAU GUNAKAN FASILITAS POLING TENTANG ISI BLOG INI...TERIMA KASIH...

Sep 25, 2008

Film Biografi Bush Garapan Oliver Stone Tayang Sebelum Pilpres


Washington (ANTARA News) - Ini "kisah yang mustahil" tentang orang awam yang entah bagaimana caranya menjadi pemimpin paling berkuasa di dunia, kata sutradara Oliver Stone tentang film barunya "W", sebuah film biografi mengenai presiden AS saat ini.

Dan senantiasa menjadi provokator, Stone akan merilis film tersebut pada 17 Oktober, hanya tiga pekan sebelum pemilihan presiden digelar di AS untuk memutuskan siapa yang akan menerima kunci Gedung Putih dari Presiden George W. Bush.

Namun demikian, Stone yang kini berusia 62 tahun seperti juga Bush, bersikeras film biografi itu bukan "kecaman pedas". Bertolak belakang dengan perkiraan orang, film ini akan melukiskan pemimpin AS, yang popularitasnya anjlok ke peringkat terendah dalam sejarah.

"W" adalah potret yang "adil", bela Stone, yang kuliah di Universitas Yale pada saat yang sama seperti Bush pada pertengahan dekade 1960-an, sebelum keluar untuk tugas militer di Vietnam.

Malahan Stone, yang film-film sebelumnya antara lain biografi politik "Nixon" dan film satire mengenai aksi kekerasan di Amerika "Natural Born Killers", mengemukakan ia ingin menjelaskan sifat sejati Bush dan kisahnya.

"Lima puluh juta orang memberikan suara mereka kepada Bush dalam dua kesempatan," tutur Stone kepada AFP. "Ia berada di kumpulan yang sama sebagaimana Ronald Reagan pada waktu yang lama, sampai ia menjadi begitu ofensif."


Dari pemabuk jadi tokoh paling berpengaruh

Dalam film yang banyak dinantikan orang ini, Stone mengungkapkan kembali masa muda pria yang penuh kegiatan hura-hura itu yang datang dari keluarga pengusaha minyak kaya, yang ayahnya, George H. Bush, juga seorang presiden.

Saat berita film "W" sedang diproduksi beredar, Stone mengemukakan kepada koran industri film Variety bahwa dirinya ingin melukiskan potret pribadi Bush dan menjawab pertanyaan pokok: "Bagaimana cara Bush bermetamorfosa dari seorang pemabuk menjadi tokoh paling berpengaruh di dunia?"

Bush, mantan gubernur Texas, tak pernah menutupi kenyataan dirinya pernah menjadi peminum berat, namun dia menyatakan meninggalkan kebiasaannya buruk setelah mengalami mabuk luar biasa pada malam ulang tahunnya yang ke-40 pada 1986 dan sejak itu tak pernah menyentuh alkohol lagi.

Masa pemerintahannya selama delapan tahun dibayangi trauma serangan 11 September pada 2001 dan menanggung beban berat akibat serbuan AS ke Irak pada 2003 dan warisan perang yang berdarah serta mahal itu akan menjadi tanggung jawab penggantinya.

Aktor Josh Brolin akan memerankan presiden AS ke-43 itu dengan realisme yang dibawanya dari film thriller "No Country For Old Men" garapan sutradara terkenal Coen Bersaudara pada 2007 dan aktris Elizabeth Banks akan mengisi peran Ibu Negara Laura Bush.


Murah dan sulit prosesnya

Film ini diproduksi dengan biaya 30 juta dolar, cukup murah menurut standar film modern.

Namun begitu, proses produksinya tak mudah, tutur Stone kepada AFP.

"Tak seorang pun ingin mendanai film ini. Setiap studio mengatakan tidak. Anda akan terkejut mengetahui sejumlah orang dalam bisnis film yang tak ingin nama mereka dikaitkan dengan politik. Semua ini nyaris membuat film ini gagal diproduksi."

Lewat film-film garapannya, Stone kerap memilih menceritakan kembali saat-saat yang amat penting dalam sejarah Amerika. Ia membuat film Perang Vietnam bertajuk "Platoon", pembunuhan Kennedy dalam "JFK", pengunduran diri Nixon secara tak terhormat dalam "Nixon" dan serangan 11 September dengan "World Trade Center".

Ia telah menyabet tiga Piala Oscar, sebagai penulis skenario terbaik untuk "Midnight Express" pada 1979 dan sutradara terbaik bagi karyanya pada 1987 dan 1990 untuk "Platoon" dan "Born on the Fourth of July". (*).

Read More......

Sultan HB X Dua Kali Nonton "Laskar Pelangi"


Yogyakarta (ANTARA News) - Film "Laskar Pelangi" arahan sutradara Riri Reza agaknya membawa kesan khusus bagi Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X. Buktinya, sang Raja Kasultanan Ngayogyakarta tersebut sudah dua kali menontonnya.

"Saya sangat senang karena tokoh sekelas Sri Sultan ternyata menaruh minat besar terhadap film Indonesia termasuk film Laskar Pelangi yang diangkat dari novel saya dengan judul yang sama," kata penulis skenario film tersebut, Andrea Hirata, usai bertemu Sultan HB X di Kepatihan Yogyakarta, Kamis.

Andrea Hirata, yang juga penulis buku "Laskar Pelangi", mengatakan bahwa setelah pertemuannya dengan Sultan HB X, maka ada rencana Mira Lesmana selaku produser film dan Riri Riza mengajak Sultan menonton kembali gala premiere film "Laskar Pelangi" di Ambarrukmo Plaza Yogyakarta.

"Kami juga akan mengajak puluhan guru-guru di Yogyakarta untuk menonton film ini," katanya.

Jika semua rencana tersebut terlaksana, maka Sultan HB X bakal menonton "Laskar Pelangi" untuk ketiga kalinya.

Andrea mengatakan, film tersebut cukup membanggakan karena gabungan dari akting dan sinematografi yang sangat memukau, serta kemasan cerita yang menarik. "Anak kecil pun pasti suka karena pemandangan yang indah akan memanjakan siapa pun yang menontonnya," katanya.

Ia mengemukakan, awalnya ia pun tidak yakin film yang diangkat dari novelnya itu akan memperoleh sambutan positif dari penonton di Indonesia. Bahkan dirinya sempat tidak percaya diri untuk menonton film tersebut.

Akhirnya, dengan mengundang wartawan di Jakarta, ia ikut menonton film tersebut. "Saat menonton, saya tidak mau bangku sebelah kanan dan kiri saya terisi oleh penonton," katanya.

Ia mengatakan, dirinya sangat terkesan dengan karya sinematografi Riri Riza dan Mira Lesmana serta kawan-kawannya itu.

Andrea menyatakan, sempat tidak percaya bahwa semua yang ingin disampaikan akhirnya tersaji dan terwakilkan di film tersebut.

"Saya tidak membual, tapi percayalah, film 'Laskar Pelangi' adalah film terbaik di Indonesia," katanya meambahkan. (*).

Read More......

Album Kompilasi “LA LIGHTS Indie Fest” 2 Diluncurkan…. Kapan Ya Album Band Indie Contest 2008 Kita??


Segera BROWW!!! Tunggu Ajah…

Bandung (ANTARA News) - LA Lights Luncurkan Album Kompilasi "LA Lights Indiefest" Volume 2 dan membuka kembali pendaftaran LA Lights Indiefest 2008.

"Album LA Lights Indie Fest 2 ini merupakan hasil kompetisi pada 2007, berisi rekaman lagu-lagu terbaik dari 10 band finalis," kata Selly Asril, Marketing PT Djarum, dalam Media Diskusi di Bandung, Minggu.
Ia mengatakan, album kompilasi hasil kerjasama dengan FastForward Records itu, merupakan salah satu komitmen LA Lights dalam mewadahi band-band yang mempunyai talenta dan prospek di masa mendatang untuk meramaikan industri musik di Indonesia.
Genre musik yang diusung pun beragam, mulai dari britpop, pop, wonder pop, darkly sophisticated, rock alternative, twee pop, alternative, hingga metal melodic core.
Dibandingkan dengan album LA Lights Indie Indiefest pertama (berisi lagu-lagu band finalis kompetisi tahun 2006), album kedua lebih baik dan variatif, baik dari segi musikal maupun genrenya, katanya.

Arian, wartawan majalah Rolling Stones, selaku anggota Dewan Juri, menyatakan bahwa kompetisi 2007 memang lebih banyak pesertanya.

"Peserta yang menyerahkan CD Rekaman lagunya untuk dikompetisikan mencapai 1.870 keping, dan ini berarti lebih banyak sekitar 400 peserta dibandingkan pada 2006," katanya.

Acara peluncuran album LA Lights Indiefest 2 dimeriahkan dengan penyelenggaraan konser musik indie bertajuk Jam Revolution di Aula ITB Sabuga pada malam harinya.

"Dengan konsep ini kami ingin menunjukkan bahwasanya kreativitas musik sangat luas, tanpa batas," kata Selly.

Selain penampilan 10 band finalis, "Monkey to Millionaire", "Cigarrettes Nation", "Cascade", "The Morning After", "Lipgloss", "Tunas Bangsa Simphony", "Love in Summer", "Air Hostess for Vacation", "Wind Cries Mary", "Scared of Bums",
dan "Heinrich Maneuverm", konser juga menampilkan sejumlah band indie senior semacam "Pure Saturday", "KOIL", "Mocca",
"Goodnight Electric", "Alone At Last".

Sejak konser dimulai pukul 19.00 WIB, arus penonton yang umumnya anak muda terus mengalir memasuki tempat pertunjukan.

Menurut panitia, jumlah tiket yang terjual lebih dari 1.000 lembar.

Kompetisi 2008 Dibuka

Selain Media Diskusi dan Pergelaran Konser Jam Revolution, LA Lights selaku penyelenggara kompetisi juga secara resmi mengumumkan dimulainya pendaftaran LA Lights Indiefest 2008.

"Pendaftaran akan dimulai awal April mendatang," kata Selly.

Ia menyatakan, melihat peningkatan jumlah peserta yang cukup signifikan dari 2006 ke 2007, pihaknya optimis kompetisi ini bakal diikuti oleh lebih banyak peserta.

Jika itu terjadi, katanya, maka dapat disimpulkan bahwa gairah band-band baru yang bergerak di jalur indie semakin meningkat, dan ini sangat positif bagi pertumbuhan dan perkembangan musik di Tanah Air.

Untuk kompetisi tahun 2008, tempat audisi/seleksi ditetapkan di empat kota besar, Jakarta, Bandung, Jogja dan Surabaya.

Menanggapi komentar tentang sedikitnya kota audisi, Arian mengatakan bahwa band dari luar kota tersebut tetap dapat mendaftar dengan mengirimkan CD rekaman lagunya ke tempat pendaftaran.

Ia mengungkapkan, LA Lights Indiefest 2008 dengan tema "Musikmu Sampai Dimana?", menggunakan konsep baru dan sistem seleksi yang lebih canggih, efisien, professional dan terbuka.

"LA Lights Indiefest 2008 mempersiapkan kanal video streaming untuk mempromosikan sebanyak 400 group band yang lolos di fase 1. Penampilan group band yang lolos bakal direkam dalam bentuk video. Peserta bisa akses, download atau share ke blog dan sejenisnya lewat video streaming di www.lalightsindiefest.com," katanya.

Bahkan, video band tersebut dapat diupload di YouTube hingga siapapun di seluruh dunia bisa mengakses video dan menyimak lagu mereka.

LA Lights Indiefest dimulai sejak 2006 dan telah menghasilkan 20 band terbaik, termasuk VOX, yang album Dojihatori-nya direkrut oleh Blossom Records, juga The Morning After yang pada April mendatang bakal merilis album perdananya.(*).

Read More......

Sep 15, 2008

ONE STOP ADVERTISING


Untuk menghasilkan kualitas cetakan terbaik, pada saat ini kami didukung dengan peralatan teknis pencetakan yang modern, sehingga memungkinkan dalam pencetakan yang tepat dan cepat, selain itu kami juga jaminan hasil cetak kami telah diakui oleh klien kami sejak tahun 2006. Pastikan promosi usaha anda ditangani oleh tenaga-tenaga profesional dibidang percetakan..


1.
Mesin-mesin pra-cetak:
Mesing pra-cetak adalah mesin yang digunakan untuk memproduksi master yang akan
dicetak, dengan mesin ini kita dapat menentukan kualitas, pewarnaan, desain dan
teknik pencetakan yang akan digunakan.
Mesin ini:
- Computer setting
- Laser Scanner
- Laser Printer
- Film Processor
- Plate Processor


2.
Mesin-mesin cetak:
- Webpaper processor 2 warna offset, 1 unit kapasitas 150 meter/menit
- Webpaper processor 3 warna letter press, 1 unit
- Heidelberg SORM, 2 warna
- GTO V 52, 4 warna
- Oliver 58E
- Oliver 72
- Oliver 258
- Ryobi 500K
- Komori


3.
Mesin-mesin pembantu:
Mesin-mesin pembantu adalah mesin yang bertugas untuk finishing akhir seperti
jilid, laminasi, dan sebagainya.
- Pack to pack kapasitas 7.000 sheet/jam
- Collator
- Gluing
- Numbering (150 meter/menit)
- Pack Collator
- Cutting Machine
- Die Cutting
- Laminating


4.
Layannan kami meliputi : Budget - Biaya Cetak - Contoh Cetak BROSUR Murah - Cetak
POSTER Murah - buat - bikin - LEAFLET - FLYER - Media Promosi Cetak - contoh
SPANDUK Murah - UMBUL-UMBUL - Murah - Print Ad Murah - jabotadebek - Kalender -
Agenda - Kartu Ucapan - WEB Murah - Web Programing - Web Development - Web
Corporate - Print Ad - Media CETAK - Media Promosi - Hitung Biaya UNDANGAN -
Invitation - KARTU NAMA- Kartu Nama Digital Interaktif - FOTOGRAPHY - foto produk
- pemotretan - imaging.

MULTIMEDIA Interaktif - Multimedia Profile - Video Profile - Digital Profile -
Video Editing - Shooting - Camera - CD INTERAKTIF - ANIMASI Interaktif - Media
Presentasi Interaktif.
BILLBOARD - Banner - Big Banner - Print Banner - Konstruksi Billboard - Media Luar
Ruang - X Banner - Shop Sign - NEON BOX- Cutting Sticker - kreatifitas iklan -
Pembuat Iklan.

ONE STOP ADVERTISING- Communication - Marketing Support - Promosi - di Jakarta -
di Bekasi - di Bandung - di Surabaya di Sumedang - Kota Bekasi - Bogor
Di Cirebon - di Medan - Kota Patriot Bekasi -di Kalimantan - di Sulawesi - di Bali
- di Irian Jaya - Tangerang - di Semarang - di Lampung - di Jakarta Timur - Barat
- Utara - Selatan - di Jogjakarta - Depok - Di Pontianak - di Pekan Baru - di
Pekalongan - di Nusa Tenggara - di Riau - di Bangka - di Belitung - di Sumatera -
di Palembang - di Indonesia - nusantara.

REAL ONLINE ADVERTISING - Professional - Network yang Luas - Mengedepankan
Efektifitas dan Efisiensi dalam layanan - Cepat - Responsif - Kompetitif.
undangan flyer natal - contoh kartu natal dan tahun baru - contoh spanduk tahun
baru - kartu natal dan tahun baru 2008 - perusahaan cetak, Percetakan - daftar
harga cetak - cetak kartu undangan murah -
Brochure - buat neon box - kalender ao - media cetak - contoh design kalender -
percetakan poster - mesin cetak spanduk - kartu tahun baru - brosur iklan - buat
kalender murah - kelender 2009 - pembuat billboard - cetak brosur murah -
percetakan agenda - pembuat kartu nama - DLL


Untuk Pemesanan Silahkan Menghubungi Bagian Pemasaran Kami:

0451 - 4723678 (Ayu)
e-mil: smartpromotindo@gmail.com.

Read More......

Sep 14, 2008

ORDER NOW!!!


SOLUSI UNTUK PROMOSI USAHA ANDA

Anda Ingin Mempromosikan usaha anda?
Ingin Ditangani Oleh Tenaga Yang Profesional?
Harga Yang Kompetitif?


Kami Hadir untuk mewujudkan semua konsep promosi anda dengan cepat dan tepat. Didukung oleh tenaga yang telah berpengalaman puluhan tahun dibidang percetakan serta dukungan support mesin-mesin modern dan terbaru, Smartpromotindo solusi mitra usaha.

Kami menerima pesanan:

- Kop Surat
- Nota / NCR / Kwitansi
- ID Card / Smart Card (Kualitas Seperti ATM)
- Digital Printing Hingga Ukuran X-Tra Besar (Lebar. Max. 5meter, Panjang Tak
Terbatas)
- Poster / Flayer / Post Card / Kartu Nama / Brosur / Pamflet / Company Profile
- Buku / Agenda / Majalah / Tabloid / Bulletin / Biografi
- ORDER PILKADA ( Cepat dan EKONOMIS)
- Banner / X-Banner / L-Banner / Mini Banner / BIG BANNER / Roll Banner / Pop up
Banner
- Neon Box / Neon Sign / Slim Ligth Box / Panel Neon / Moving Sign
- Spanduk / Umbul-umbul / Bendera
- Topi / Kaos / Jaket / Seragam / Rompi / Jas / Almamater
- Menjual Mesin Percetakan / Suplayer Bahan Baku Percetakan / Suplayer Untuk Reffil
Center / Suplayer Butik, Distro, Toko Baju / Kolektor Benda-Benda Antik, Magis.

*Soal Kuallitas Jaminan Kami Garansi Uang Kembali
*Harga Kompetitif dan bisa Nego…
*Gratis Desain

Tunggu Apa Lagi Segera Hubungi Kami Sekarang Juga:

Kami Juga Menawarkan Kerjasama Dibidang Percetakan, Untuk info lengkapnya silahkan menghubungi kami. Satu Wilayah Satu Cabang!!! SEGERA!!!

Dukungan Workshop di 10 kota:
Jakarta , Surabaya, Bandung, Medan, Bali, Balikpapan, Samarinda, Manado, Makassar, Palu

Smartpromotindo
0541 – 4723678
Email: smartpromotindo@gmail.com
Contact Person : Muhammad Rizky.

Read More......

Cara Menjual Musik Loe Biar Cepet Laku


Ini merupakan masukan yang bermanfaat bagi loe2 yang pengen promosiin album band loe, Simak kiat dan sukses berpromo di radio ala Pandji Pragiwaksono. Meskipun tergolong nama baru di dunia musik, namun Pandji Pragiwaksono sudah lama berkecimpung di bidang hiburan sebagai penyiar dan presenter. Pekerjaannya di radio membuatnya cukup tahu seluk beluk berpromosi di radio.
Nah, bagi yang kurang paham soal promosi di radio, sudah tentu apa yang dibeberkan Pandji lewat postingannya dibawah ini bakal jadi masukan yang bermanfaat buat loe semua.

Akhirnya, sampai ke bab terakhir dari tulisan gue HOW I SOLD 1000 CD IN 30 DAYS.
Kini, salah satu alasan kenapa orang mau beli album gue.


This is the key.
Kenapa angka penjualan CD menurun?
Kenapa orang kok ga ada yang mau beli album?
Kenapa orang pada download lagu di internet?
Kenapa mereka hanya mau punya RBTnya?
Kenapa penjualan CD kompilasi secara ajaib tetep tinggi?
Kenapa orang hanya tertarik dengan hit singles?
Kenapa orang ga mau beli CD?

Mari kita coba jawab pertanyaan tadi dengan membalikkan pertanyaan…
Kenapa dulu orang beli CD?


KARENA DULU MEREKA BELUM BISA MENDOWNLOAD SINGLES
KARENA DULU BELUM ADA RBT


Dari dulu, orang sebenarnya lebih tertarik dengan hits.
Tapi karena dulu belum ada akses menuju download singles, atau I-tunes atau RBT maka satu satunya cara untuk mendapatkan akses kepada hits yang mereka suka adalah dengan merequest di radio, atau membeli albumnya.

Kemudian karena orang banyak yang menyukai hits tertentu maka munculah CHART SHOW yang menunjukkan mana saja lagu yang lagi nge-hits.
Kemudian muncul predikat # 1 HIT SINGLE!

Jay Z, berpikiran berbeda. Pada perayaan 10 tahun berkarir di dunia musik Jay Z berkata “Saya tidak pernah punya #1 Hit Single, tapi saya punya 10 album yang masuk ke #1 Album. Bagi saya ini membanggakan karena pembeli saya menghargai album saya secara utuh, bukan hanya mencintai 1 atau 2 lagu saya”

Kalimat itu, bagi gue inspiratif dan provokatif.
Gue lebih baik album gue nomor 1 daripada hanya 1 lagu yang jadi nomor 1.
Maka strategi gue dalam album ini adalah dengan TIDAK MENCETAK HITS.

HITS pada jaman sekarang membuat orang hanya mencintai 1 atau 2 lagu dan dengan itu mengurangi kemungkinan mereka untuk membeli album.

Gue bertanya kepada banyak orang apa alasan mereka membeli sebuah album.
Jawabannya 100% sama.
Ada banyak lagu yang enak di album tersebut.

Maka fokus gue adalah pada perkenalan banyak lagu gue ketimbang hanya 1 lagu gue.
Selain single gue You think you know (Indonesia) gue memainkan 5 lagu yang berbeda selama 1 bulan.

Ada yang salah feat. Tompi, Mulanya biasa saja feat Angga, Untuk Indonesia feat Drusteelo, Tabib Qiu dan Joeniar Arief, Dibayang masa lalu dan terakhir lagi Kembali tertawa.

Masing masing lagu gue mainkan sekali.
Hanya satu kali di radio HRFM
1 kali. Tapi gue mainkan pada jam yang tepat.
Gue yakin, 5 lagu (6 dengan single You think you know) itulah yang memberikan penilaian di benak pendengar gue bahwa ada banyak lagu yang enak di album gue.
Ketika gue di Bandung, gue focus pada hal yang sama. Memainkan sebanyak banyaknya lagu yang tepat untuk tiap radio (mengingat tiap radio karakternya beda).
Setelah 3 hari di Banding keliling ke 14 radio, efeknya terasa di pandji.com, email gue dan SMS handphone gue.

People took notice.
Orang bisa bilang “Ah tapi elo kan penyiar di HRFM, enak bisa mainin lagu seenaknya”
Mungkin benar, tapi setiap musisi bisa melakukan apa yang gue lakukan dengan teknik yang disebut BARTER PROMOSI.

This is nothing new.
Hanya saja orang suka menggunakannya dengan salah.


Waktu gue kerjasama barter, gue menawarkan logo radio partner di 1000 keping CD gue. Gue mendapatkan fasilitas berikut ini
SPOT (iklan radio)
ADLIBS (iklan baca)
INSERT (sebuah sisipan, biasanya untuk kuis)

Jumlahnya tidak banyak. Sehubungan dengan jumlah keping CD gue yang juga tidak banyak.

Gue minta untuk mengkonversikan semuanya dengan INSERT.
Gue menolak ADLIBS, SPOT karena menurut gue hanyalah iklan dan iklan tidak efektif.
Gue minta INSERT agar gue bisa memainkan lagu sebanyak mungkin.
INSERT pada dasarnya adalah alat promosi kita yang bisa digunakan untuk apapun.
Mau jadiin kuis, mau sekedar bacain materi, live report, termasuk didalamnya memainkan lagu elo.
Kemudian yang perlu orang lakukan adalah menghitung nilai barter.

Bertanya adalah hak musisi yang melakukan kerjasama barter.
Tanyalah berapa harga insert pada prime time dan harga insert pada regular time.
Prime time adalah waktu dalam sehari dimana pendengarnya paling banyak.
Regular time adalah sisanya.

Biasanya iklan pada prime time (PT) lebih mahal daripada kalau iklannya dipasang di regular time (RT)
Setelah kita tahu harga harganya maka kita bisa berhitung berapa nilai total barter yang diberikan radio partner.
Dengan angka itu yang perlu dilakukan adalah mempertimbangkan berapa banyak dari nilai tersebut yang akan kita fokuskan pada PT.
Tentunya mengingat harga PT yang lebih mahal maka kalau semua angka tersebut dikonversikan ke insert PT maka jumlahnya akan lebih sedikit daripada kalau semua nilai barter dikonversikan kepada insert RT.
Tapi ingat, sebelum album gue keluar, dan semasa album ada di pasaran hingga kini albumnya habis gue hanya memainkan 5 lagu diatas 1 kali!!! Tapi pemasangan pada jam yang tepat sangat sangat penting.

Inilah yang menurut gue membuat orang memiliki keputusan untuk mau membeli album gue. Masalah membeli asli diatas bajakan, sudah kita bahas dibab sebelumnya.
Sekali lagi, mainkan sebanyak banyaknya lagu terbaikmu di radio.
Bukan satu lagu sesering mungkin.
Tapi sebanyak banyaknya lagu, pada waktu yang tepat.

SO I GUESS THAT’S IT.

Inilah cara gue menjual 1000 CD dalam 30 hari.
Memang, bisa jadi gue CDnya laku karena punya banyak fanbase.
Tapi itu sama sekali tidak menjamin.

For example, Ghostface a rapper from down south. A member of Wu Tang Klan.
CDnya terjual 15.000 keping.
Banyak?
Ternyata Ghostface langsung memasang videonya di youtube dan ngomel kepada fansnya sambil berkata

“Saya baru terima laporan penjualan CD saya dan saya kecewa. Saya punya 115.000 fans di Myspace!!! Kemana kalian semua? Kalian kenapa masih mendownload lagu saya? Apakah kalian tidak sadar bahwa kelakuan kalian bisa membuat saya gantung mic?”

Punya fan base bukan hal pasti untuk dapat menjual CD dengan baik.
Bukankah Samson dengan penjualan album pertama sebanyak 750.000 CD seharusnya punya fanbase yang baik?
Mengapa album ke 2 fanbase tersebut tidak berhasil membuat Samson menjual sebaik album pertama?

We can not wait and hope.
We can not assume.
We have to make an effort.
Merasa punya fan base dan menunggu untuk mereka melakukan sesuai dengan harapan kita adalah bukan strategi

Seperti kata Hillary Clinton “Hope is not a strategy”
So there you have it.
I have revealed my strategy.
What I know, is yours.
Knowedge is a public domain.
You have every right to be educated.

Gue berdoa yang terbaik untuk elo dan karya elo.
Ini bukanlah strategi hanya untuk dunia musik.
Strategi gue adalah kumpulan ilmu yang gue dapatkan dari baca buku.
Kini strategi itu jadi milik elo. (http://nge-band.blogspot.com/).

Read More......

STAGE MANAGER


Apa itu Stage Manager ?
Kalau ngeliat orang yang selalu mondar-mandir di panggung, ngebawa HT dan mukanya keliatan serius, nah dia inilah sang Stage Manager. Dialah yang bertanggung jawab sama semua aspek produksi acara dan bertugas di panggung pas festival musiknya berlangsung. Keberadaan stage manager dalam sebuah pertunjukan musik ternyata bisa dibilang merupakan salah satu inti utama. Biasanya stage manager memiliki sebuah tim yang tangguh yang terdiri dari production stage manager, beberapa assistant stage managers, dan juga beberapa orang production assistants. Kesemuanya ini sebenarnya bertugas untuk mengorganisasikan produksi sebuah festival dan menjamin semua berjalan sesuai rencana.

Merencanakan ?
Salah satu tugas Stage Manager adalah untuk merencanakan, mengawasi pembangunan dan juga eksekusi akhir dari pembangunan stage/panggung. Kalau ga ada stage manager panggungnya ga bakal berdiri tegak.


Pengoperasian Peralatan ?

Stage Manager ternyata juga harus tahu banyak soal pengoperasian stage sound, lighting, dan sistem rigging (kalau pakai). Selain itu juga butuh tahu pengetahuan soal teknis dan juga praktek stage managemen yang aman.

Jadwal ?
Ini yang paling 'ribet' dalam kerjaan seorang stage manager,apalagi kalau bukan ngatur jadwal. Mulai dari jadwal latihan sound check, ngurusin soundcheck sampai ngurus jadwal manggung yang biasanya bisa jadi sangat memusingkan.

Mengatur ?
Stage Manager ternyata juga kudu jago mengatur. Salah satunya adalah ngatur jalannya pertunjukan dalam festival musik. Mulai dari lighting dan sound cues yang sesuai dengan permintaan dan lagu tiap artis sampai apa efek special yang diperlukan, kesemuanya harus diatur dengan rapih oleh Stage Manager.

Artist Relations


Apa itu Artist Relation?

Tugas utamanya apalagi kalau bukan berhubungan sama artis/musisi yang mendukung A Mild Live Soundrenaline. Tugasnya mungkin sekilas kelihatan gampang banget, tapi ternyata nggak segampang kedengerannya. Soalnya yang namanya berhubungan dengan artis dan jadwal mereka pastilah ada ribet-ribetnya. Buat seorang artist relation, punya pribadi yang bagus bisa nambah poin plus.

Keahlian Komunikasi ?
Yang dibutuhkan untuk sukses disini adalah keahlian komunikasi yang prima. Bukan punya kemampuan menguasai 5 bahasa sekaligus, tapi lebih ke cara komunikasi antar pribadi. Harus bisa tu yang namanya memulai percakapan duluan, ramah, kalau bisa sih juga harus jago negosiasi dan bisa ngebangun suasan yang enak sama para artis.

Koordinasi ?
Ini lumayan penting buat kerjaan Artist Relation, kalau bisa dibilang kerjaan kita sebagian besar emang melakukan koordinasi dan terus berhubungan dengan managemen artis untuk ngatur jadwal mereka selama event. Jadwal disini maksudnya mulai dari jadwal kedatangan, akomodasi sampai jadwal manggung mereka. Disini kadang kesabaran hati seseorang kadang benar-benar teruji, karena pasti ada aja yang salah.


Yang Nggak Boleh Lupa ?

Jadwal! Jadwal! Jadwal! Ini musti jadi pegangan untuk para artist relation, apalagi kalau lagi sibuk ngurusin siapa yang bakal manggung kapan, ngurusin siapa nginep di kamar nomer brapa dan siapa yang harus check sound atau ngajar di music clinic. Kalau udah gini harus bisa kerja dibawah tekanan besar dan tetap tenang kalau kebetulan ada masalah.

Assistant Promotor

Apa itu Assistant Promotor?
Kerjaan Promotor biasanya terfokus di aspek-aspek dalam bisnis seni, dalam hal ini tentunya seni dalam bentuk musik: Disini fungsi Promotor adalah membantu promotor dalam segala aspek pekerjaan seperti dalam bidang marketing dan melakukan kegiatan korespondensi, tawar-menawar honor, penandatanganan kontrak, menjalin kerja sama dengan sponsor, dan sejumlah pekerjaan lainnya yang sudah harus dimulai beberapa bulan sebelum acara sebenarnya berlangsung.

Negosiasi ?
Well secara nggak langsung gua membantu promotor juga dalam proses negosiasi yang didalamnya menyangkut kontrak kerja dan bisnis. Apalagi kalau yang udah berhubungan dengan Venue. Nemuin venue yang tepat untuk menggelar festival/konser bisa dibilang gampang-gampang susah, apalagi kalau di daerah. Karena memang nggak banyak tempat di Indonesia yang cocok untuk pagelaran musik besar. Selain itu kita juga harus bisa mendapatkan peralatan dan perlengkapan pertunjukan yang sesuai dengan keinginan artis. Sering terjadi promotor harus menghubungi perusahaan penyedia (biasa disebut supplier) peralatan dan perlengkapan panggung di luar negeri.

Finansial?
Promotor meng-cover biaya pelaksanaan konser. Kadang kala promotor mendapatkan uang untuk mengadakan festival dengan mencari pihak lain untuk bagi hasil (share the profit). Tapi sering juga pihak promotor ini berdiri sendiri dan mengambil keuntungan dari tiket dan sebagainya.

Manajemen ?
Promotor memanajemen detail dari tour dan performance kelangsungan acara yang dipegangnya

Pengalaman ?
Vital untuk seorang assistant promotor punya basic yang kuat dalam masalah sales. Pengalaman sales apapun bisa berguna, terutama soal masalah pitching proyek. Pengalaman yang berkaitan sama industri musik juga penting, terutama dalam hal promosi. Assistant Promotor yang oke harus punya kemampuan komunikasi verbal yang bagus, persuasif dan socially outgoing. (Rizkyzone).

Read More......

10 ALASAN BAND GAGAL


Pengen buat band???, sudah punya management yang solid? Atau sudah punya planning yang mantab? Masalahnya kalau kita nggak punya persiapan tersebut bisa jadi hasilnya sangat mengecewakan. Nah, kebetulan sekali saya memiliki artikel tentang 10 alasan kenapa band kamu bisa gagal dalam menekuni karier musik, siapa tahu setelah membaca artikel ini kita bisa lebih siap lagi dalam menyusun strategi sukses kita..OK..!!

1. Mereka tidak memiliki tujuan
Jika Anda tidak memiliki tujuan dalam mengembangkan karier, bagaimana Anda bisa mendeteksi sebuah kemajuan? Bisnis musik adalah bisnis yang keras, apalagi jika Anda tidak memiliki panduan yang jelas. Kebanyakan label rekaman, penerbit musik, manajer, produser, pengacara hiburan dan bahkan agensi booking tidak akan mau bekerjasama dengan artis yang belum jelas menentukan arah dan tujuan bagi bandnya. Mereka lebih memilih untuk bekerjasama dengan musisi yang memiliki tujuan jelas dan cekatan.

2. Mereka tidak memiliki perangkat menuju kesuksesan
Berlawanan dengan kepercayaan orang banyak, sebenarnya memang ada sebuah "proses" untuk menjadi musisi professional dan mendapatkan sebuah kontrak rekaman. Industri musik dipenuhi dengan rumor, mitos dan misinformasi yang membuatnya sulit untuk menggoreskan kesuksesan di atasnya. Dengan memahami bagaimana industri musik ini bekerja tentunya dapat menjadi asset yang sangat berharga. Bagian dari "proses" yang di maksud ini termasuk di antaranya adalah penggunaan "perangkat" khusus yang telah menjadi standar dalam ruang lingkup industri musik! Daftar berikut memuat beberapa perangkat wajib yang Anda butuhkan guna mengejar karier yang serius sebagai musisi professional.

PRESS KIT/PROMO PACK
• Sebuah demo kaset/CD yang berisikan 3-5 lagu TERBAIK band
Anda. (Kualitas jelas berpengaruh!)
• Biografi artis. (Informasi penting tentang sang artis,
termasuk siapa saja mereka, apa yang mereka lakukan, apa yang sedang
mereka kerjakan, dan sebagainya.)
• Daftar lagu (song list). (Seluruh judul lagu yang dibawakan
oleh sang artis, milik sendiri atau cover)
• Lirik-lirik lagu. (materi lirik-lirik lagu milik sang artis
yang termuat dalam demo mereka.
• Foto artis.
• "Write-ups." (Berbagai kisah menarik atau resensi yang
ditulis media cetak tentang sang artis, bisa juga mengenai liputan
tentang mereka di radio maupun televisi).

MAILING LIST
Salah satu faktor terpenting dari kesuksesan Anda adalah dengan membangun, memelihara serta memaksimalkan pemanfaatan mailing list. Milis ini terdiri dari nama-nama dan kontak informasi para penggemar, kontak media, pelaku industri musik dan siapa saja yang memiliki minat yang sama (bisnis dan sebaliknya) dengan Anda (sang artis). Sebuah mailing list dapat menjadi asset yang berharga bagi artis siapa saja apabila mereka memanfaatkannya secara maksimal.

DAFTAR TARGET MEDIA
Pemanfaatan media guna mendukung kemajuan karier Anda merupakan hal yang sangat penting sifatnya. Ini mencakup di antaranya penerbitan- penerbitan industri musik, majalah-majalah, suratkabar, radio, televisi dan internet. Sebuah band atau artis yang sangat berbakat dan secara berkesinambungan melakukan promosi bagi kemajuan kariernya
memiliki kesempatan yang besar untuk mendapat "perhatian" untuk dikontrak label rekaman.
Pernahkah Anda mendengar orang berkata, "saya nggak pernah lihat dan nggak pernah tahu band mereka." Nah, Anda harus berlawanan dengan komentar tadi! Berusahalah untuk selalu "tampil" sebanyak mungkin di depan banyak orang. Penuhi keingintahuan industri dan khalayak luas dengan aksi band Anda maka dijamin band Anda akan tampil di banyak
tempat!
Manfaatkan penggunaan media dengan memasang iklan atau beriklan secara gratis, sebarkan rilis pers, write-ups dan resensi, dan kalau bisa usahakan tampil di radio dan juga televisi juga.

3. Mereka tidak memiliki seseorang untuk memandu karier
Salah satu tanggungjawab dari manajer personal adalah untuk membantu artis mengambil keputusan yang berhubungan dengan karier musik mereka. Masalahnya, kebanyakan artis biasanya tidak memiliki banyak waktu untuk mencari manajemen yang bagus. Biasanya ini terjadi karena kebanyakan manajer yang professional dan berpengalaman, sibuk sendiri dengan klien mereka masing-masing.
Karena alasan inilah, banyak musisi yang lantas meminta kawan mereka sendiri untuk menjadi manajer. Yang sering terjadi kemudian, sang teman tadi ternyata justru cenderung menjadi seorang booking agent dibandingkan manajer personal band. (Lebih gampang mencarikan panggung tentunya dibandingkan harus memandu karier musik artis!) Karena "teman-teman" ini sangat awam dengan bisnis musik, mereka terkadang jatuhnya malah sering mempersulit dibanding mempermudah.
Jika memang manajer yang Anda cari, maka carilah manajer! Jika teman- teman Anda berniat untuk membantu, mereka bisa menjual tiket di konser atau belajar mengoperasikan lighting! Jangan pertaruhkan karier band Anda di tangan seseorang yang sama sekali tidak memahami cara bekerja bisnis musik apalagi tidak berpengalaman sama sekali di dunia bisnis yang satu ini.

4. Mereka menunggu untuk ditemukan
Jika Anda "menunggu untuk ditemukan," saya punya satu pertanyaan sederhana...
"APA YANG SEBENARNYA YANG KAMU TUNGGU?"
Ini seperti berkata, "Saya sedang menunggu sukses!" Jelas tidak masuk akal! Apa yang dimaksud oleh musisi-musisi ini ketika mereka bilang tengah menunggu untuk ditemukan sebenarnya adalah: "Saya sudah mentok karena benar-benar nggak tahu harus melakukan apa lagi!" Tidak ada yang perlu ditunggu-tunggu, mulai lakukan sesuatu, SEKARANG!
Demand discovery, never wait for it!

5. Mereka kurang berdedikasi
Banyak band yang telah manggung bareng selama lebih dari 10 tahun sebelum akhirnya mendapatkan kontrak rekaman! Itulah dedikasi! Itulah kegigihan! Keuletan seperti itulah yang dapat membawa artis/band ke puncak kesuksesan di bisnis musik. Anda tentu tidak perlu tampil 10 tahun lamanya sebelum "keajaiban" terjadi, namun, bila Anda memiliki dedikasi untuk mengarungi suka- duka dan sukses menghalau segala rintangan yang manghalang, agaknya Anda sudah semakin dekat dengan "keajaiban" tersebut.

6. Mereka benar-benar tidak tahu apa yang harus dilakukan
Oke, berikut ini adalah; "3 Rahasia Besar untuk menjadi Sorang Musisi Profesional dan Mendapatkan Kontrak Rekaman!"
• Asah terus bakat Anda! Latihan, latihan, latihan!
• Didiklah diri Anda dengan berbagai pengetahuan tentang bisnis musik! Jangan sekali-sekali beranggapan kalau Anda mengerti semuanya, cari tahu! Jika Anda berfikir akan tahu dengan sendirinya nanti. Anda benar, memang begitu, tapi ini terjadi setelah Anda tersandung dan jatuh berkali-kali. Jauh lebih pelik dari yang Anda bayangkan! Memang asyik-asyik saja belajar sambil mempraktekannya, tapi jangan sampai belajar dari kesalahan yang terjadi berkali-kali, dong! Ini sangat memakan waktu dan sangat menyakitkan bagi diri Anda sendiri tentunya. Carilah fakta-fakta dan pelajari bisnis ini dengan cara yang benar!
• Promosi, promosi, promosi! Mungkin Anda adalah musisi terhebat atau penyanyi paling sensasional yang pernah ada di planet ini, tapi kalau tanpa di dukung promosi, siapa yang tahu?

7. Mereka lebih banyak punya alasan mengapa mereka tidak bisa dibandingkan mereka bisa!
Banyak musisi yang belum apa-apa sudah memasang banyak penghalang di benak mereka. Hal ini malah membuat mereka jauh dari kesuksesan. Jangan biarkan kekurangan PD merongrong bakat atau karier musik yang telah Anda impi-impikan sejak lama. Ego yang sehat malah dibutuhkan dalam bisnis musik. (seorang ego-maniak tidak mendapat tempat di sini!)

8. Mereka tidak memiliki komitmen jangka panjang
Jika Anda tidak jujur melihat diri Anda sendiri sebagai seorang musisi lebih dari 6 bulan sampai satu atau dua tahun, maka Anda sedang melalui sebuah fase yang bagi kita musisi "beneran" selalu berharap agar Anda MENGHILANG secepatnya! Menjadi seorang musisi adalah kerja keras seumur hidup, bukannya iseng-iseng! Musisi-musisi yang sukses di industri musik tidak sekadar memasukkan jempol kaki mereka untuk memeriksa keadaan air, mereka langsung terjun dengan
kepala mereka lebih dahulu dan TIDAK pernah melihat ke belakang lagi! Sekali Anda telah menjadi seorang musisi maka seumur hidup Anda akan terus menjadi musisi!

9. Mereka tidak serius
Jika Anda memperlakukan musik hanya sebagai hobi, maka selamanya ia akan seperti itu! Jika Anda tidak menggiring musik dan band Anda menjadi serius, maka tidak seorangpun yang akan mau serius dengan band Anda! Jika tujuan Anda adalah menjadi musisi professional, Anda harus menampilkan diri Anda dan apa yang Anda lakukan secara professional pula!

10. Mereka tidak berbakat sama sekali
Salah satu alasan terbesar mengapa begitu sulit untuk menembus bisnis musik adalah karena bisnis ini merupakan bisnis yang kompleks. Semua orang kebelet menjadi bintang. Apa yang membuatnya semakin sulit ditembus ternyata karena makin banyak lahir musisi jadi-jadian yang merusak kesempatan bagi musisi-musisi berbakat! Label-label rekaman dibombardir dengan demo-demo "sampah" yang sangat jauh dari standar industri musik. Tidak heran makanya demo-demo ini kemudian langsung berakhir di keranjang sampah walau belum sempat dibuka sama sekali! Ini artinya bagi musisi professional, orang tersebut harus menunggu sampai bagian A&R dari label-label rekaman tersebut selesai menyortir satu-persatu ribuan "sampah" tersebut sebelum akhirnya benar-benar dibuka dan disimak oleh mereka.
Oleh: Jeffrey A. Macak (President, JMI Publications, USA)

Eit..Sebelum menutup postingan ini jangan lupa kasih komentar atau apa saja yang berkaitan dengan tulisan ini….Trims ya sudah menyimaknya…

Read More......