SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA, SALAM PERSAHABATAN UNTUK ANDA SEMUA...JANGAN LUPA ISI KOLOM CHAT BOX UNTUK MENINGGALKAN PESAN ATAU GUNAKAN FASILITAS POLING TENTANG ISI BLOG INI...TERIMA KASIH...

Sep 14, 2008

STAGE MANAGER


Apa itu Stage Manager ?
Kalau ngeliat orang yang selalu mondar-mandir di panggung, ngebawa HT dan mukanya keliatan serius, nah dia inilah sang Stage Manager. Dialah yang bertanggung jawab sama semua aspek produksi acara dan bertugas di panggung pas festival musiknya berlangsung. Keberadaan stage manager dalam sebuah pertunjukan musik ternyata bisa dibilang merupakan salah satu inti utama. Biasanya stage manager memiliki sebuah tim yang tangguh yang terdiri dari production stage manager, beberapa assistant stage managers, dan juga beberapa orang production assistants. Kesemuanya ini sebenarnya bertugas untuk mengorganisasikan produksi sebuah festival dan menjamin semua berjalan sesuai rencana.

Merencanakan ?
Salah satu tugas Stage Manager adalah untuk merencanakan, mengawasi pembangunan dan juga eksekusi akhir dari pembangunan stage/panggung. Kalau ga ada stage manager panggungnya ga bakal berdiri tegak.


Pengoperasian Peralatan ?

Stage Manager ternyata juga harus tahu banyak soal pengoperasian stage sound, lighting, dan sistem rigging (kalau pakai). Selain itu juga butuh tahu pengetahuan soal teknis dan juga praktek stage managemen yang aman.

Jadwal ?
Ini yang paling 'ribet' dalam kerjaan seorang stage manager,apalagi kalau bukan ngatur jadwal. Mulai dari jadwal latihan sound check, ngurusin soundcheck sampai ngurus jadwal manggung yang biasanya bisa jadi sangat memusingkan.

Mengatur ?
Stage Manager ternyata juga kudu jago mengatur. Salah satunya adalah ngatur jalannya pertunjukan dalam festival musik. Mulai dari lighting dan sound cues yang sesuai dengan permintaan dan lagu tiap artis sampai apa efek special yang diperlukan, kesemuanya harus diatur dengan rapih oleh Stage Manager.

Artist Relations


Apa itu Artist Relation?

Tugas utamanya apalagi kalau bukan berhubungan sama artis/musisi yang mendukung A Mild Live Soundrenaline. Tugasnya mungkin sekilas kelihatan gampang banget, tapi ternyata nggak segampang kedengerannya. Soalnya yang namanya berhubungan dengan artis dan jadwal mereka pastilah ada ribet-ribetnya. Buat seorang artist relation, punya pribadi yang bagus bisa nambah poin plus.

Keahlian Komunikasi ?
Yang dibutuhkan untuk sukses disini adalah keahlian komunikasi yang prima. Bukan punya kemampuan menguasai 5 bahasa sekaligus, tapi lebih ke cara komunikasi antar pribadi. Harus bisa tu yang namanya memulai percakapan duluan, ramah, kalau bisa sih juga harus jago negosiasi dan bisa ngebangun suasan yang enak sama para artis.

Koordinasi ?
Ini lumayan penting buat kerjaan Artist Relation, kalau bisa dibilang kerjaan kita sebagian besar emang melakukan koordinasi dan terus berhubungan dengan managemen artis untuk ngatur jadwal mereka selama event. Jadwal disini maksudnya mulai dari jadwal kedatangan, akomodasi sampai jadwal manggung mereka. Disini kadang kesabaran hati seseorang kadang benar-benar teruji, karena pasti ada aja yang salah.


Yang Nggak Boleh Lupa ?

Jadwal! Jadwal! Jadwal! Ini musti jadi pegangan untuk para artist relation, apalagi kalau lagi sibuk ngurusin siapa yang bakal manggung kapan, ngurusin siapa nginep di kamar nomer brapa dan siapa yang harus check sound atau ngajar di music clinic. Kalau udah gini harus bisa kerja dibawah tekanan besar dan tetap tenang kalau kebetulan ada masalah.

Assistant Promotor

Apa itu Assistant Promotor?
Kerjaan Promotor biasanya terfokus di aspek-aspek dalam bisnis seni, dalam hal ini tentunya seni dalam bentuk musik: Disini fungsi Promotor adalah membantu promotor dalam segala aspek pekerjaan seperti dalam bidang marketing dan melakukan kegiatan korespondensi, tawar-menawar honor, penandatanganan kontrak, menjalin kerja sama dengan sponsor, dan sejumlah pekerjaan lainnya yang sudah harus dimulai beberapa bulan sebelum acara sebenarnya berlangsung.

Negosiasi ?
Well secara nggak langsung gua membantu promotor juga dalam proses negosiasi yang didalamnya menyangkut kontrak kerja dan bisnis. Apalagi kalau yang udah berhubungan dengan Venue. Nemuin venue yang tepat untuk menggelar festival/konser bisa dibilang gampang-gampang susah, apalagi kalau di daerah. Karena memang nggak banyak tempat di Indonesia yang cocok untuk pagelaran musik besar. Selain itu kita juga harus bisa mendapatkan peralatan dan perlengkapan pertunjukan yang sesuai dengan keinginan artis. Sering terjadi promotor harus menghubungi perusahaan penyedia (biasa disebut supplier) peralatan dan perlengkapan panggung di luar negeri.

Finansial?
Promotor meng-cover biaya pelaksanaan konser. Kadang kala promotor mendapatkan uang untuk mengadakan festival dengan mencari pihak lain untuk bagi hasil (share the profit). Tapi sering juga pihak promotor ini berdiri sendiri dan mengambil keuntungan dari tiket dan sebagainya.

Manajemen ?
Promotor memanajemen detail dari tour dan performance kelangsungan acara yang dipegangnya

Pengalaman ?
Vital untuk seorang assistant promotor punya basic yang kuat dalam masalah sales. Pengalaman sales apapun bisa berguna, terutama soal masalah pitching proyek. Pengalaman yang berkaitan sama industri musik juga penting, terutama dalam hal promosi. Assistant Promotor yang oke harus punya kemampuan komunikasi verbal yang bagus, persuasif dan socially outgoing. (Rizkyzone).

0 comments:

Post a Comment